Senin, 06 Februari 2017

Bikin Lampu Tidur dari Kardus Bekas

Terkadang sebagian besar dari kita memiliki banyak barang bekas yang sudah tidak terpakai dan menumpuk di tempat penyimpanan/gudang. Sebenarnya beberapa barang bekas dapat kembali sehingga memiliki nilai kegunaan dan estetika. Seperti kardus dan kertas bekas yang tersedia hampir di setiap rumah. Artikel tinggalbikin kali ini akan membuat tutor sederhana bermodal box bekas yang akan dibuat menjadi lampu yang dapat digunakan untuk dekorasi di rumah.

Cara pembuatannya tergolong mudah sehingga anda akan dapat menirunya dengan mudah. Supaya kita dapat menghemat biaya tidak ada salahnya jika kita mengolah barang-barang yang tersedia dalam rumah dan mengubahnya menjadi barang yang mempunyai nilai fungsi dan dekoratif.

Langkah pertama adalah menyiapkan alat dan bahan seperti di bawah ini :

1. Kardus kotak bekas bisa bekas sepatu, souvenir, dll yang bentuknya kotak
2. Spidol hitam atau sesuai kreasi anda.
3. Lem tembak/ glue gun, bisa juga lem kertas biasa
4. Lakban, gunting, cutter, penggaris, bolpoin
5. Kertas hvs
6. Kabel, lampu led kecil, jack/colokan listrik, dan dudukan lampunya.

Setelah semua bahan-bahan siap mulai dengan langkah pertama

1. Gunting bagian penutup atas pada box bekas. Garis pola potong 1 cm dari pinggir box. Lalu potong mengikuti pola sampai ke enam sisi terpotong semua seperti gambar di bawah


2. Warnai semua sisinya dengan spidol hitam, buat pola di kertas sisa potongan box seperti di gambar, potong sedikit agar bisa ditekuk seperti di bawah


3. Lem tiap sudut jepit pakai jepitan baju sampai terbentuk kotakan, ukur box lampu ke kaki kotak dan buat tanda.


4. Selanjutnya kita buat penahan box lampu agar tidak lepas seperti gambar di bawah untuk ditempel di kotak kaki.


5. Ikat pakai lakban penahan boxnya kemudian rekatkan menurut pola tadi,

6. Potong kotak kertas HVS putih sesuaikan agar bisa masuk ke dalam box lampu, jika sudah dipotong gambar HVS sesuai kreasi anda kemudian lem bagian dalam box dan rekatkan HVS di bagian dalam.


7. Tutup semua pakai HVS kecuali bagian bawah tempat masuk lampu, siapkan rangkaian lampu dan dudukannya lalu buat pola di tengah kotak kaki, buat lagi lingkaran kecil di dalamnya sebesar gambar di bawah.


8. Potong lingkaran kecil di tengah kemudian warnai kaki lampu dengan spidol warnanya terserah seperti gambar, jika sudah masukkan kabel dan beri sedikit celah untuk masuknya kabel, gunakan glue gun untuk menempelkan dudukan lampu di kaki box.

9. Rekatkan dudukan lampu pastikan kabel aman jika tertarik-tarik, pasang lampu warnanya terserah  beserta tutup box lampu atas.


10. Langkah terakhir nyalakan lampu anda di tempat gelap dan taraaa hasilnya akan seperti gambar di bawah

Mungkin terlihat sulit untuk pemula tapi sebenarnya ini sangat mudah bila alat dan bahan sudah tersedia. Sekian tutor sederhana membuat lampu dari kardus bekas anda bisa memodifikasi atau merubah gambar dan warna lampunya. Seperti biasa akhir tutor thanks for reading dan sampai jumpa.,

1 komentar: